Selasa, 01 Maret 2016

Tips Sebelum Menjadi Freelancer

Tips Sebelum Menjadi Freelancer

Freelancer adalah profesi yang tidak terikat dengan satu orang atasan. Dan kebanyakan juga tidak terikat dengan bawahan. Freelance juga tidak terikat waktu, akan tetapi mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaan atau job itu sendiri.



Mempunyai pekerjaan tanpa terikat waktu adalah impian hampir semua orang, bisa mengatur jam kerja sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita. Itulah seorang freelancer, seorang pekerja yang bekerja tanpa terikat waktu, hanya terikat pada date line pekerjaan. Mereka profesional di bidang mereka masing-masing. Ada banyak sekali bidang pekerjaan freelance, contohnya..

1. Freelance Fotografer
2. Freelance Contect Writing
3. Freelance Designer
4. Freelance Drafter
5. dan Freelance - Freelance yang lainnya...

Bagi seorang pemula yang ingin menjadi freelancer, bayang-bayang kebebasan pasti ada dalam diri mereka. Bisa bangun seenaknya, bisa libur seenaknya, bisa tidur dan begadang semaunya sendiri. Tentunya hal itulah yang menjadi pertimbangan, kebebasan waktu!!

Tunggu dulu, jangan dulu anda melihat seorang freelancer adalah seorang pekerja yang memiliki kebebasan waktu, mungkin pada awal anda menekuni profesi ini itu akan terpenuhi. Tetapi jika jasa anda sudah banyak dibutuhkan, anda akan sangat tidak mempunyai waktu. Hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya pekerjaan yang anda terima, ada satu hal yang mungkin sudah menjadi kesepakatan tidak tertulis sebagai seorang freelancer, itu adalah "jangan menolak pekerjaan"

Disini penulis akan berbagi beberapa tips menjadi seorang freelancer yang baik menurut pengalaman pribadi penulis.

1. Persiapkan Skill


Sebelum memulai karir anda sebagai freelancer, maka anda harus mempersiapkan skill anda, entah itu menulis, fotografi, desain atau yang lainnya. Dan terus perbaiki kualitas anda, jika anda merasa kualitas skill anda belum layak untuk dijual, maka jangan memutuskan untuk menjadi seorang freelancer. Karena akan memberikan kesan buruk pada pemakai jasa anda.

Freelancer bukamlah tipe pekerjaan dengan jual putus. Kita harus lebih sering berinteraksi kepada pemakai jasa kita. Pada dasarnya kita harus membangun kerja sama jangka panjang. Bayangkan jika pada kesan pertama saja klien tidak puas dengan kemampuan kita. Kita tidak akan pernah mendapat repeat order dari mereka. Dan jika mereka puas dengan kita, tidak akan ada yang menghalangi mereka untuk memakai jasa kita.

2. Kuatkan Koneksi Anda


Koneksi adalah salah satu senjata uang utama bagi seorang freelancer, itu akan sangat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan. Sebelum memutuskan menjadi full time freelancer, akan lebih baik jika kita memulai dengan part time freelancer.

Anda bisa saja memulai tanpa adanya koneksi, dan memanfaatkan dunia maya sebagai media promosi anda, tapi ini tentunya akan membutuhkan waktu.

3. Mental


Mental disini bukan berbicara tentang mental pemenang, tapi berbicara tentang mental pada saat kita tidak mendapat pekerjaan dalam jangka waktu yang lama. Jika kita dalam keadaan tersebut, pastinya kita akan hancur, mempertanyakan keputusan kita sendiri untuk menjadi freelancer. Hal itu dikarenakan biaya hidup akan tetap berjalan meskipun anda tidak mendapat pekerjaan.

4. Siapkan Pekerjaan Cadangan


Bersiaplah mencari pekerjaan lain yang juga bersifat freelance tapi tetap menghasilkan, walaupun jumlahnya tidak banyak, itu akan membantu pada saat anda tidak mendapat pekerjaan dalam jangka waktu yang lama. Mungkin menjadi kurir pengiriman freelance, atau jasa kebersihan freelance, atau yang lainnya. Jika pendapatan dan jumlah pekerjaan anda perbulan sudah bisa dikatakan lebih dari cukup, maka silahkan anda meninggalkan pekerjaan sampingan anda tsb.

5. Teruslah Belajar


Menjadi seorang freelancer harus terus berkembang. Baik dari segi kemampuan ataupun wawasan. Karena kita akan bertemu dengan klien yang berbeda-beda. Dan wawasan yang luas akan sangat membantu kita dalam berkomunikasi dengan mereka.


Menjadi seorang freelancer bukan pekerjaan yang mudah, karena kita dituntut untuk menjadi profesional dan berkarakter. Memang kita tidak akan bekerja 8 jam, tapi kita akan beerja 24 jam!!!
Dan seorang profesionallah yang mampu mengatasi tekanan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam keadaan apapun. Karena klien tidak akan tahu, dan tidak akan mau tahu dengan keadaan kita. Yang mereka tahu adalah pekerjaan mereka terselesaikan.


Salam Sukses!!!

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon