Jumat, 21 Oktober 2016

Tutorial plugin round corner bahasa indonesia

Tags

Plugin round corner adalah plugin yang dibuat oleh libfreedo6. Round Corner mempunyai fungsi utama untuk menambahkan lengkungan ataupun bevel pada model 3d kita. Round corner sendiri tergolong plugin yang ringan dan mudah dalam penggunaannya. Jika kita bisa memanfaatkan plugin ini secara maksimal, bahkan plugin ini bisa digunakan untuk membuat model sofa 3d, membuat model bed 3d dengan cara yang mudah. Bahkan mungkin bisa untuk membuat model 3d yang kompleks dengan kombinasi dengan beberapa plugin lain. Ada 3 jenis output yang bisa dihasilkan oleh Round Corner yang akan dibahas pada artikel tutorial plugin round corner ini, al :

  1. Round Corner in 3D
  2. Sharp Corner in 3D
  3. Bevel Edges dan Corner.
Masing masing output diatas mempunyai kekurangan dan kelebihan, sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Tutorial plugin round corner bahasa indonesia
gambar.1 - tutorial round corner
Perhatikan gambar.1 - tutorial plugin round corner diatas. Mungkin jika kita hanya melihat sekilas, tidak terlalu mencolok perbedaannya. Akan tetapi jika kita perhatikan lagi lebih detail pada sudut objek persegi diatas, masing masing mempunyai karakter yang berbeda beda.

Tutorial plugin round corner bahasa indonesia
gambar.2 - tutorial round corner
  • Round corner (warna kuning)
    • Membuat objek lengkung atau pingule(maaf jika salah dalam penulisan) pada sketchup. Melengkung di sudutnya, atau bisa dikatakan lebih halus daripada tool yang lain.
  • Sharp Corner (warna biru)
    • Hampir sama dengan round corner, adalah tool untuk membuat pingule pada sketchup, akan tetapi pada bagian sudut objek terbentuk sedikit lancip. Perhatikan juga titik pertemuan setiap garis/segment pada sudut objek.
  • Bevel Edges and Corner (warna hijau)
    • Dari gambar diatas sudah sangat jelas fungsi dari tool ini. Yaitu untuk membuat bevel pada objek yang kita buat.
Setelah mengetahui perbedaan tool-tool yang ada pada plugin round corner, selanjutnya kita akan melihat menu-menu yang ada pada plugin round corner pada saat kita mengaktifkan plugin ini. Perhatikan gambar.3 - tutorial plugin round corner dibawah ini.

Tutorial plugin round corner bahasa indonesia
gambar.3 - tutorial plugin round corner
Pada gambar.3 - tutorial plugin round corner diatas saya bagi menjadi 5 bagian, masing masing bagian tersebut mempunyai fungsi masing masing.
  1. Menampilkan informasi dari round corner kita, mulai dari jumlah sisi, jumlah sudut, dan merubah posisi menu round corner.
  2. Menu untuk properti sisi samping dari objek. Pada bagian ini tidak terasa ada perbedaan antara pilihan garis dan titik-titik atau yang lainnya.
  3. Offset adalah lebar bidang lengkung yang dibuat oleh round corner. dan #-4s disana adalah pengaturan segment, semakin besar segment yang disetting maka akan semakin halus hasilnya.
  4. Pengaturan garis bantu round corner. Saya sendiri kurang begitu menguasai dan memahami menu bagian ini.
  5. Adalah menu/properti untuk menghaluskan tepi.
Penggunaan plugin round corner yang dilakukan secara masif akan membantu pada visualisasi hasil akhir kita. Coba saja bandingkan hasil ouput rendering dari objek/model 3d yang tidak dibevel/dipingul/dismooth menggunakan round corner dengan objek/model 3d yang menggunakan round corner pada sisi tepinya. Berdasarkan apa yang pernah saya coba, hasilnya akan menjadi semakin halus pada bagian sudut sudut objek/model 3d kita.

Plugin round corner sendiri bisa kita dapatkan gratis di sketchup extension. Jadi sketchupblog disini tidak membagikan file plugin tersebut. Semoga tutorial plugin round corner bahasa indonesia ini bisa membantu kita dalam menggunakan sketchup menjadi lebih baik lagi. Jika ada masukan, kritik dan saran silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar. Secepat mungkin akan saya tanggapi.

Salam sukses!!!


EmoticonEmoticon