Rabu, 28 Agustus 2019

Tips Terbaru Untuk Mempercepat Dan Meringankan Sketchup

Tips Terbaru Untuk Mempercepat Dan Meringankan Sketchup - Pada dasarnya Sketchup adalah software 3D yang tergolong ringan, menurut saya pribadi bahkan salah satu software 3D yang paling ringan untuk saat ini. Dengan spekPC dual core degan RAM 2GB saja sudah bisa menjalankan software ini. Dan ini adalah salah satu alasan saya menggunakan Sketchup sebagai salah satu software 3D utama saya.

Akan tetapi akan terjadi masalah jika kita membuka atau mengerjakan 3D dengan modelling yang rumit dengan jumlah poly yang besar. Dan pada saat menggunakan software ini akan secara tidak sadar bahwa ukuran/size file Sketchup kita sudah berada diatas 200MB.

Jika sudah demikian, maka akan sangat mengganggu prosesmodelling ataupun proses rendering kita, beberapa hal yang bisa terjadi jika ukuran file terlalu besar adalah ;

  • Sketchup mengalami Crash Dump
  • Loading Sketchup menjadi sangat lama / Sketchup menjadi lemot
  • PC akan menjadi semakin panas
  • Sketchup mengalami not responding pada saat kita save
Dan mungkin masih banyaklagi yang bisa terjadi, karena hanya beberapa hal diatas yang pernah saya alami (seingat saya).

Tapi tenang saja, jangan bingung. Karena ada beberapa cara untuk mempercepat dan meringankan kerja skecthup. Mulai dari basic setting sketchup yang berguna untuk jangka panjang dalam menggunakan Sketchup, sampai mengatasi masalah ini pada saat sudah terlanjur terjadi. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk membuat Sketchup kita menjadi ringan.

1. Perhatikan Style yang digunakan


Jangan menggunakan terlalu banyak garis pada saat modelling. Jika memang dibutuhkan, maka gunakan hanya pada scene-scene tertentu saja yang akan di-export ke JPEG. Memang secara tampilan, Sketchup kita akan menjadi sedikit lebih bagus jika kita memodifikasi garis-garis modelling kita, tapi itu akan memperlambat kerja Sketchup pada saat file kita sudah menjadi sangat besar. Saya pribadi hanya menggunakan garis "edge" saja.

Cara merubah style modelling pada Sketchup :
  1. Buka file Sketchup
  2. Pilih tray Style / window style
  3. Pilih style yang digunakan
  4. pilih tab "edit" disana akan ada beberapa pilihan garis, al :
    • Edge
    • Back Edge
    • Profile
    • Depth Cue
    • Extension
    • Endpoints
    • Jitter
  5. pilih hanya edge saja, lainnya matikan.
Saran saya buatlah template yang bersih dan ringan yang sesuai dengan style anda. Semakin simple template yang anda gunakan semakin ringan kerja sketchup.

2. Matikan shadow pada saat modelling.


Shadow tidak terlalu berguna pada saat modelling, jadi tidak akan berpengaruh apapun jika kita hidupkan. Saraan saya matikan saja.

3. Gunakan Hardware Acceleration


Hardware Acceleration berfungsi untuk mempercepat keecepatan grafis yang menggunakan source dari VGA/kartu grafis/memory layar. Opsi atau pilihan ini akan tersedia jika komputer kita memadai. Mungkin jika kita tidak menggunakan VGA, opsi ini tidak akan muncul. Karena saya sendiri belum pernah menggunakan perangkat tanpa VGA.

Cara merubah menu hardware acceleration pada Sketchup :
  1. Buka Sketchup
  2. Pilih menu "window"
  3. Pilih "preference"
  4. Pilih menu "openGL"
  5. check / centang menu "use hardware acceleration"

4. Purge Component / Material yang tidak digunakan lagi


Semua Component dan Material yang kita gunakan akan tersimpan secara otomatis dalam file sketchup kita. Akan tetapi beberapa component dan materilal yang sudah terhapus bisa saja masih ada dalam Sketchup. Dan ini akan membuat kerja Sketchup menjadi lebih berat.

Oleh karena itu kita perlu menghapus manual semua component dan material yang tidak terpakai dalam Sketchup kita. Ada 2 cara untuk melakukan Purge component dan material pada sketchup.


Cara meringankan kerja sketchup - Purge Unused Component
Cara meringankan kerja sketchup - Purge Unused Component


Cara meringankan kerja sketchup - Purge Unused Material
Cara meringankan kerja sketchup - Purge Unused Material

Cara pertama purge component dan material pada Sketchup :
  1. Buka Sketchup
  2. Pilih menu Model Info
  3. Pilih Statistic
  4. Pilih entire model untuk Purge model yang tidak digunakan
  5. Pilih entire component untuk component yang tidak digunakan
  6. Pilih "Purge Unused"
Jika menggunakan cara ini saran saya bersihkan dulu component atau purge component, baru setelah itu kita bisa bersihkan material atau purge material.

Cara meringankan kerja sketchup - Purge Unused Material Vray Sketchup
Cara meringankan kerja sketchup - Purge Unused Material Vray Sketchup

Cara kedua atau alternatif purge component dan material pada Vray Asset Editor sketchup :
  1. Buka Sketchup
  2. Buka Vray Asset Editor
  3. Pilih menu pojok kanan bawah, apabila kita selection maka akan keluar text Purge unused material
Ada satu lagi tips yang sering saya gunakan, dan hasilnya cukup bagus. Setelah anda mendapatkan 3D model(dari mana saja), hal yang pertama anda lakukan adalah "purge unused material". Setelah itu baru copy dan paste model tersebut dalam file sketchup anda.

5. Kurangi penggunaan plugin yang tidak diperlukan, atau gunakan yang sering dipakai saja.


Menambahkan beberapa plugin pada Sketchup memang sangat diperlukan. Itu akan mempermudah pekerjaan kita. Akan tetapi jika terlalu banyak akan memperberat kerja sketchup.

Gunakan plugin seperlunya saja, berikut ini beberapa plugin yang paling sering saya gunakan :
  1. Round Corner, plugin untuk mempercepat cornering pada modelling kita.
  2. UVW map, plugin untuk memperbaiki mapping material kita yang berantakan
  3. Join Push Pull, mempermudah pull dan push untuk objek-objek tidak normal
  4. Artisan, saya hanya menggunakan plugin ini untuk mengurangi jumlah poly
Baca juga : Cara Instal Plugin Sketchup

6. Perhatikan ukuran file sketchup anda


Cara meringankan kerja sketchup
Cara meringankan kerja sketchup

Perhatikan informasi model yang saya sorot dengan warna merah, pada bagian Polygons dan File Size. Ini sangat penting jika anda ingin menambahkan component-component jadi bukan buatan anda. Misalnya anda ingin memasukkan sofa, kursi, accecories, dll. Lihat dulu ukuran file tersebut, jika anda mencari di 3dwarehouse.com maka lihat ukuran dan jumlah poly file tersebut.

Misalnya, jika anda memasukkan sofa dengan ukuran 40MB, lalu kursi dengan ukuran 20MB, tanaman dengan ukuran 30MB. Maka dari etiga file tersebut saja ukuran file sketvhup anda sudah 90MB!!! Belum termasuk modelling anda sendiri. Bisa anda bayangkan?

7. Perhatikan ukuran file mapping material/texture anda


Terkadang, kita ingin hasil render yang sangat WOW!!! tapi kita lupa memperhatikan ukuran file mapping material kita. saking terlalu bersemangatnya, kita memasukkan file HD untuk semua texture kita. Misal dengan ukuran 3MB per mapping texture yang kita gunakan. Bayangkan jika ada 30 texture yang berbeda pada modelling kita? 90MB hanya untuk mapping!!!Itu hanya untuk diffuse normal map, belum lagi bump, reflection, dll.

Saran saya gunakan beberapa HD texture mapping untuk objek-objek penting. Dan gunakan texture yang biasa/sedang-sedang saja untuk objek objek tambahan atau objek yang tidak terlalu ditampilkan, contohnya texture untuk accecories.

Baca juga : Mengenal jenis material di vray material editor sketchup

Itulah Tips Terbaru Untuk Mempercepat Dan Meringankan Sketchup. Semoga tips dan tutorial ini bisa bermanfaat. Jika ada saran kritik atau apapun yang ingin disampaikan hubungi SketchupBlog melalui halaman contact.

Salam Sukses!!!


EmoticonEmoticon