Kamis, 19 September 2019

3 Tips mendapatkan view yang baik di ruang sempit dengan vray sketchup

Kali ini SketchupBlog akan memberikan tips mendapatkan view yang baik di ruang sempit pada google sketchup. Pada intinya artikel kali ini akan membahas tentang field of view sketchup atau sketchup camera setting. Disini saya akan membagikan 3 tips untuk mendapatkan view yang maksimal di ruang sempit.

  1. Melebarkan pandangan camera dengan merubah nilai Field Of View sketchup.
  2. Menggunakan 2 point perspektif pada sketchup camera setting.
  3. Memanfaatkan Render Output pada setting camera vray 3.4

Masing-masing cara diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan. Mungkin dari 3 cara diatas hanya satu cara yang akan anda pakai, tergantung anda cocok dengan cara yang mana. Saya akan memberikan contoh pada denah yang cukup sempit, anda bisa melihat ukuran ruangan pada gambar dibawah ini.

sketchup orthographic view
Tips mendapatkan view yang baik di ruang sempit pada Sketchup

Pada gambar denah diatas saya mempunyai ukuran ruangan 360x260. Dan view yang diinginkan adalah view yang lurus kepada wastafel dan cermin utama. Dari kasus seperti ini, kita bisa mencoba masing-masing tampilan tips diatas utnuk mendapatkan view yang baik di ruang sempit.

1. Melebarkan pandangan camera dengan merubah nilai Field Of View sketchup.


Beginilah tampilan standart dari view sketchup dengan Field Of View sketchup dengan nilai 40.

field of view sketchup camera
field of view sketchup camera - img1

Nilai standart field of view pada sketchup bisa berbeda beda, ada yang 30 ada yang 40. Tergantung dari lebar layar yang digunakan. Tetapi menurut pengalaman saya, semakin lebar layar akan semakin memudahkan kita untuk mencari camera perspektif view sketchup yang baik.

field of view sketchup camera setting
field of view sketchup camera setting - img2

Perhatikan field of view sketchup camera setting - img2 diatas. Hanya dengan merubah nilai field of view menjadi 70 kita sudah mendapatkan view yang lebih baik daripada nilai field of view 40. Tapi cara ini juga memiliki beberap kelemahan.

Kelemahan cara ini adalah jika kita terlalu besar menaikkan nilainya, maka distorsi gambar akan semakin besar juga. Bahkan pada beberapa kasus, bisa memanipulasi ruangan menjadi terlihat lebih besar. 

Kesimpulan : 
Jangan terlalu besar memberikan nilai Field Of View sketchup camera. Karena bisa membuat hasil akhir render menjadi jauh dari tampilan yang duharapkan (pada ukuran aslinya). Bukan merubah ruangan menjadi terlihat lebih besar, tapi yang terbaik adalah membuat tampilan yang baik dengan tidak mengakibatkan perubahan persepsi terhadap ruangan.

2. Menggunakan 2 point perspektif pada sketchup camera setting.


Two Point Perspektif adalah salah satu tampilan camera sketchup. Sketchup sendiri mempunyai 3 tampilan standart, al :
  1. Paralel Projection (Tampilan 2d atau sketchup orthographic view) Biasa digunakan untuk gambar kerja sketchup.
  2. Perspektif (Tampilan standart)
  3. Two Point Perspektif ((Tampilan sketchup camera yang hanya berfokus pada 1 titik) camera ini tidak bisa dirubah sudut pandangnya. Jika kita merubah sudutt pandangnya, maka camera akan blank. Tapi kita bisa mendorong camera kedepan dan kebelakang tanpa terpengaruh dengan model yang ada didepan atau dibelakang camera.
Pada artikel kali ini kita hanya akan membahastentang two point perpektif sketchup camera yang bisa digunakan pada ruang yang sempit. Perhatikan gambar dibawah.

sketchup orthographic view two point perspektif
sketchup orthographic view two point perspektif - img3

Setelah view awal kita dapatkan. Maka ubah camera menjadi Two Pont Perspektif, caranya :
  1. Buka window camera pada menu bagian atas.
  2. pilih Two Point Perspektif (bagian yang berwarna merah)
Setelat kita ubah menjadi Two Point Perspektif, Makan Tampilannya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

camera sketchup orthographic view two point perspektif
camera sketchup orthographic view two point perspektif

Perhatikan sudut kiri bagian atas. Ada teks pemberitahuan bahwa camera suda berubah menjadi Two Point Perspektif. Sekarang bagaimana kita memanfaatkan camera two point perspektif sketchup? Pada Two Point Perspektif, jangan pernah merubah titik pandang camera. Atau merubah camera dengan memutar mouse. Cukup SCROOL UP dan SCROOL DOWN untuk mencari view yang paling sesuai menurut anda. Camera hanya bisa bergerak maju dan mundur saja. 

3. Memanfaatkan Render Output pada setting camera vray 3.4


Pada vray versi 3 keatas, kita sudah bisa setting output render vray sketchup dengan lebih mudah lagi. Karena pada setting camera vray sketchup 3.6 atau vray next for sketchup sudah aada menu pengaturan render output yang tampilannya sama dengan output render yang dihasilkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

setting camera outpu render vray 3 for sketchup
setting camera vray 3 for sketchup


  1. Buka menu Vray Asset Editor
  2. Pilih menu Render Option
  3. Aktifkan Safe Frame
  4. Pilih 4:5 Potrait pada Aspect Ratio

Hasilnya output camera vray sketchup akan lebih mengecil, tapi akan mendapatkan view yang luas. Gambar dibawah ini akan menunjukkan hasil render untuk setting camera vray 3 for sketchup.

setting render camera vray 3 for sketchup
setting render camera vray 3 for sketchup


Itulah 3 Tips mendapatkan view yang baik di ruang sempit dari SketchupBlog. Semoga bermanfaat, jangan lupa share jika artikel ini membantu. Dan jangan lupa juga like fanspage SketchupBlog di facebook.

Salam Sukses!!!



EmoticonEmoticon